PENDAMPINGAN LITERASI SISWA KELAS EKSKLUSIF DI MI MIFTAHUL ANWAR II DESA PAMOROH PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.70282/karismas.v2i1.12Keywords:
pendampingan literasi, kelas eksklusif, kemampuan baca tulisAbstract
Program pendampingan literasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan baca tulis siswa, khususnya di kelas eksklusif yang membutuhkan perhatian khusus di MI Miftahul Anwar II Desa Pamoroh. Siswa kelas eksklusif memiliki kemampuan membaca dan menulis yang terbatas dan mengalami kesulitan dalam membaca, menulis dan memahami teks. Mereka mempunyai banyak kondisi seperti gangguan defisit perhatian, masalah belajar dan kurangnya motivasi dalam diri mereka sendiri. Oleh karena itu pendampingan ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas pendampingan literasi dalam meningkatkan keterampilan literasi dasar (membaca dan menulis) siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PAR (Participatory Action Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan literasi yang dilaksanakan secara rutin dan terstruktur mampu meningkatkan minat baca dan tulis siswa, memperbaiki kemampuan membaca dan menulis, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa kolaborasi antara guru, orang tua, dan pendamping literasi sangat berperan dalam keberhasilan program. Kesimpulannya, pendampingan literasi efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas eksklusif di MI Miftahul Anwar II, dan model pendampingan ini dapat dijadikan referensi dalam pengembangan program literasi di sekolah lainnya.